Tags

, , ,

Tiba-tiba kepengen beli bayam. Pas di tempat jual sayur deket rumah, dapet bayamnya..eehhh…dapet bonus jagung manis dua. Baiklah..marilah kita bikin sayur bayam jagung.

Tadinya, bayam ini hanya akan dimasak seadanya. Standard sayur bening bayam laahh..dengan jagung manis yang hanya dipotong-potong saja, supaya ada kegiatan asyik menggerogoti jagung, hehe…

Ternyata, eksekusinya jadi beda banget..akhirnya saya memutuskan untuk memasak bayam dan jagung itu ala sayur sup, tanpa daging or ayam, tentunyaahh..dan jagungnya engga jadi dipotong-potong, tetapi di sisir…

Bagaimanakah prosesnya?

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan ini :

Bayam ( dipotong-potong atau di petik terserah kreasi masing-masing )

Jagung manis 2 buah ( ukurannya siy terserah ajja ), disisir yaahh…

Bawang merah ( entah kenapa saya selalu terobsesi dengan bawang merah kalau masak sop, bawang merahnya engga digoreng, tetapi diiris-iris ajja )

Bawang putih ( yang agak banyak yaaa…karena sup-nya engga dimasak pake bumbu penyedap)

merica bubuk ( mau yang butiran juga boleehh, tapi jangan lupa dihaluskan dulu yaahh..)

Gula pasir

Oia, semua bumbu-nya suka-suka yaahh… dikira-kira sendiri takarannya

Prosesnya…

1. Didihkan air di panci, masukkan jagung manis yang udah disisir.

2. Sementara menunggu jagungnya empuk, haluskan bawang putih bersama dengan merica dan garam.

3. Setelah kira-kira jagungnya empuk, masukkan irisan bawang merah, tunggu sekitar 5 menit, baru masukkan bumbu bawang putih. Tunggu sampai kira-kira bumbu matang. Jangan lupa masukkan gula pasir yaahh..biar sup-nya engga melulu asin..

4. Setelah beberapa saat ( kalau saya siy tunggu sampe bumbu bener-bener kelihatan mantap dulu, yah kira-kira 15 menitlah ) cicipin supnya, jika rasanya udah mantep, baru masukkan bayam. Tunggu sampai bayamnya empuk yaahh..tapi jangan kelamaan merebusnya..

5. Sup bayam jagung siap dihidangkan! XDD

Review :

1. Sup ini akan lebih enak lagi jika memakai daging ( sapi ato ayam ), tapi karena ini paket hemat sekali, maka, tanpa daging pun sudah enak ( muji hasil masakan sendiri :-P ).

2. Supaya lebih afdol, makanlah sup ini bersama dengan tempe goreng ( beneran loohh..nikmat banget..)

3. Kalau kepengen pedes, buatlah sambel ( dicampur sambel mungkin akan lebih uenaakk, tapi bikin sambel agak sedikit repot yaahh…jadi lupakan sajalah..haha..)

4. Sepertinya sup buatan saya ini agak kebanyakan merica..padahal saya memakannya sudah kira-kira satu jam yang lalu, tapi tenggorokan masihh saja terasa anget..( cucokklaahh di musim ujan ini )

5. Untuk kreasi lebih lanjut, monggo..silakan dikreasikan sendiri, mo dibuat paket hemat atau paket mewah..sumonggo…XDD

Ehh… ngomong-ngomong..inilah supnyaaaahhh….

Image

Sup Bayam Jagung ala saya..:-p

Kelihatan bagus bukan ?